Kumpulan Artikel

Ari Adrian, S.Kom
Monday, 19 August 2019

  • Persyaratan:

    1. Mengisi formulir pindah datang WNI (F-1.08) dan ditandatangani oleh Pj.Kades/Lurah dan Pj.Kecamatan asal serta Pj.Desa/Lurah dan Pj.Desa/Lurah Kecematan tujuan;
    2. Pengisian formulir permohonan pembuatan KK (F-1.15);
    3. Pengisian formulir permohonan KTP (F-1.21);
    4. Melampirkan KK dan KTP yang asli; dan
    5. Pas foto warna ukuran 2x3 sebanyak 2 lembar.

  • Sistem, Mekanisme dan Prosedur:

    1. Pemohon mengajukan berkas permohonan pindah;
    2. Petugas loket menerima dan mengoreksi berkas permohonan pindah, jika berkas tidak lengkap dikembalikan kepada pemohon, jika berkas sudah diteruskan kepada Administrator SIAK Pindah Datang dan Pendataan Penduduk;
    3. Administrator SIAK Pindah Datang dan Pendataan Penduduk mengambil data secara online dari Kecamatan asal dipindahkan kepada Kecamatan tujuan dan mencetak konsep kartu keluarga kemudian diteruskan kepada Kasi Pindah Datang dan Pendataan Penduduk;
    4. Kasi Pindah Datang dan Pendataan Penduduk mengoreksi berkas surat keterangan pindah dan konsep kartu keluarga, jika berkas tidak lengkap dan tidak sesuai dengan berkas permohonan dikembalikan kepada Administrator SIAK Pindah Datang dan Pendataan Penduduk, jika berkas lengkap dan benar diteruskan kepada Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk;
    5. Kabid pelayanan Pendaftaran Penduduk mengoreksi konsep kartu keluarga. Jika tidak sesuai dengan berkas dikembalikan ke Kasi Pindah Datang dan Pendataan Penduduk untuk diperbaiki, jika benar di beri paraf dan diteruskan ke Administrator SIAK Pindah Datang dan Pendataan Penduduk untuk di cetak kartu keluarga asli;
    6. Kadis menandatangani kartu keluarga dan diteruskan kepada pengolah data Pindah Datang dan Pendataan Penduduk;
    7. Pengolah data Pindah Datang dan Pendataan Penduduk meregistrasi, membubuhkan cap dinas, memilah berkas dan menyerahkan kepada pemohon; dan
    8. Pemohon menerima surat keterangan pindah datang WNI antar kecamatan dengan menunjukkan tanda bukti pengambilan.

  • Jangka Waktu Pelayananan:

    5 (lima) hari kerja sejak permohonan dan persyaratan diterima dengan benar dan lengkap.

Ari Adrian, S.Kom
Monday, 19 August 2019

Pelayanan Surat Pindah Datang WNI Antar Kab/Kota/Provinsi:

Keputusan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sambas Nomor 53 Tahun 2018 Tentang Revisi Keputusan Kepala Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Standar Pelayanan Publik (SPP) Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sambas  

  • Persyaratan:

    a. Surat pengantar RT

    b. Mengisi formulir pindah datang WNI (F-1.08)

    c. Mengisi formulir biodata (F-1.01)

    d. Mengisi formulir permohonan pembuatan KK (F-1.15)

    e. Melampirkan fotokopi Kutipan Akta Kelahiran/Ijazah

    f. Diproses di Disdukcapil

  • Sistem, Mekanisme dan Prosedur: 

    1. Pemohon mengajukan berkas permohonan pindah dating;

    2. Petugas loket menerima dan mengoreksi berkas permohonan pindah, jika berkas tidak lengkap dikembalikan kepada pemohon. Jika berkas sudah lengkap diteruskan kepada Administrator SIAK pindah datang dan pendataan penduduk;

    3. Administrator SIAK pindah datang dan pendataan penduduk mengambil data secara online dari Kab/Kota/Prov daerah asal dipindahkan kepada daerah tujuan dan mencetak konsep kartu keluarga, kemudian diteruskan kepada Kasi pindah datang dan pendataan penduduk;

    4. Kasi pindah datang dan pendataan penduduk mengoreksi berkas surat keterangan pindah dan konsep kartu keluarga, jika berkas tidak lengkap dan tidak sesuai dengan berkas permohonan dikembalikan kepada Administrator SIAK pindah datang dan pendataan penduduk, jika berkas lengkap dan benar diteruskan kepada Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk;

    5. Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk mengoreksi konsep Kartu Keluarga. Jika tidak sesuai dengan berkas, dikembalikan ke Kasi Pindah Datang dan Pendataan Penduduk untuk diperbaiki, jika benar diberi paraf dan diteruskan ke Administrator SIAK untuk di cetak Kartu Keluarga asli;

    6. Administrator SIAK mencetak kartu keluarga dan diteruskan kepada Kadis untuk ditandatangani. Kadis menandatangani Kartu Keluarga dan diteruskan kepada pengolah data pindah datang dan pendataan penduduk;

    7. Pengolah Data Pindah Datang dan Pendataan Penduduk meregistrasi, membubuhkam cap dinas, memilah berkas dan menyerahkan kepada pemohon; dan

    8. Pemohon menerima kartu keluarga dengan menunjukkan tanda bukti pengambilan.

    [/message_box]

Ari Adrian, S.Kom
Monday, 13 May 2019

  • PERSYARATAN

    Pengajuan KK baru :

    1. Mengisi formulir isian kartu keluarga distempel mengetahui RT, RW dan Kepala Desa
    2. Surat pengantar dari kecamatan
    3. Surat Nikah / Akta Nikah / Kutipan Akta Perkawinan
    4. Surat Pindah Datang dari daerah asal (dalam wilayah NKRI)

    Perubahan Penambahan Anggota Keluarga :

    1. Mengisi formulir isian kartu keluarga distempel mengetahui RT, RW dan Kepala Desa
    2. Surat Pengantar dari Kecamatan
    3. KK asli baik SIMDUK maupun SIAK
    4. KK asli yang akan ditumpangi bila pecah KK
    5. Akta Kelahiran / Surat Kelahiran bagi keluarga yang mempunyai anak
    6. Surat Pindah Datang dari daerah asal (dalam wilayah NKRI)

    Perubahan Pengurangan Anggota Keluarga :

    1. Mengisi formulir isian kartu keluarga distempel mengetahui RT, RW dan Kepala Desa
    2. Surat Pengantar dari Kecamatan
    3. KK asli baik SIMDUK maupun SIAK
    4. Akta Kematian bila ada anggota keluarga meninggal
    5. Surat Pindah

    Penerbitan KK Rusak atau Hilang :

    1. Surat Keterangan Kehilangan KK dari Kepolisian
    2. KK Rusak / Fotocopy KK hilang / Arsip KK dari RT, RW, Desa atau Kecamatan
    3. Fotocopy dokumen kependudukan salah satu anggota dalam KK yang mempunyai NIK

    Perubahan Biodata KK yang salah atau berubah :

    1. KK asli baik SIMDUK maupun SIAK
    2. Fotocopy akta kelahiran / keterangan kelahiran dari dokter atau desa
    3. Fotocopy ijazah
    4. Fotocopy surat nikah / kutipan akta perkawinan / surat cerai / kutipan akta perceraian
    5. Fotocopy SK PNS / KARIP / SK TNI POLRI
    6. Fotocopy dokumen keimigrasian dan passport

    Tambahan Persyaratan bagi WNA :

    1. Fotocopy dokumen keimigrasian dan passport
    2. Surat keterangan pendaftaran penduduk
    3. Surat keterangan tempat tinggal

  • SISTEM, MEKANISME DAN PROSEDUR

    1. Pemohon mengajukan permohonan pembuatan Kartu Keluarga
    2. Petugas loket menerima dan mengoreksi kelengkapan persyaratan, Jika persyaratan tidak lengkap dikembalikan kepada pemohon, jika persyaratan lengkap diteruskan kepada Administrator SIAK Identitas Penduduk
    3. Administrator SIAK Identitas Penduduk menginput data dan mencetak konsep Kartu Keluarga dan diteruskan ke Kasi Identitas Penduduk Kasi Identitas Penduduk mengoreksi konsep Kartu. Jika tidak sesuai dengan berkas dikembalikan ke Administrator SIAK Identitas Penduduk untuk diperbaiki, jika benar di beri paraf dan diteruskan kepada Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk
    4. Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk mengoreksi konsep Kartu Keluarga. Jika tidak sesuai dengan berkas dikembalikan ke Kasi Identitas Penduduk untuk diperbaiki, jika benar di beri paraf dan diteruskan ke Administrator SIAK Identitas Penduduk untuk di cetak Kartu Keluarga asli
    5. Administrator SIAK Identitas Penduduk mencetak Kartu Keluarga dan diteruskan kepada Kepala Dinas untuk ditandatangani
    6. Kepala Dinas menandatangani Kartu Keluarga dan diteruskan kepada Pengolah Data Identitas Penduduk
    7. Pengolah data Identitas Penduduk, membubuhkan cap dinas, memilah berkas dan menyerahkan kepada pemohon
    8. Pemohon menerima Kartu Keluarga dengan menunjukkan tanda bukti pengambilan

  • JANGKA WAKTU PELAYANAN

    5 (lima) hari kerja sejak berkas diterima dengan benar dan lengkap

Ari Adrian, S.Kom
Friday, 16 August 2019
Pelayanan Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) bagi Orang Asing

Persyaratan :

a. Fotokopi paspor.

b. Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) yang diterbitkan oleh Kantor Imigrasi

c. Pas foto warna ukuran 2 x 3 sebanyak 2 lembar

d. Mengisi formulir di Disdukcapil

e. Diproses di Disdukcapil

Subcategories

banner ektp

Tentang Kami

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sambas merupakan unsur penunjang Pemerintah Daerah yang mempunyai tugas membantu Kepala Daerah untuk melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

  • Jl. Pembangunan No. xxx
  • Telp. 0562-391xxx
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Form Kontak

Statistik Pengunjung

We have 33 guests and no members online