Ari Adrian, S.Kom
Friday, 17 July 2020

KPU Sambas Susun Data Pemilih Pemilukada 2020, Jangan Ada Pemilih Tak Bisa Salurkan Haknya

Sambas - KPU Kabupaten Sambas menggelar kegiatan Penyuluhan Produk Hukum Tentang Komisi Pemilihan Umum. KPU Kabupaten Sambas melaksanakan penyusunan data pemilih dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Sambas Tahun 2020. Pemutakhiran data diperlukan, agar tidak ada warga yang sudah memenuhi syarat tidak bisa menyalurkan hak pilihnya.

Ketua KPU Kabupaten Sambas, Sudarmi mengatakan, kegiatan Penyuluhan Produk Hukum Tentang Data Pemilihan Dalam Pemilukada Sambas Tahun 2020 digelar untuk memberikan pemahaman dan edukasi terkait pemuktahiran data.

"Agar semuanya bisa terkawal dan tidak ada masyarakat yang sudah memenuhi syarat tidak bisa menyalurkan hak pilihnya," kata Sudarmi, Kamis (16/7).

Saat ini, terang Sudarmi, Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Sambas mencapai 453.323 orang. Karenanya untuk pemuktahiran data, maka saat ini dilakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih di Kabupaten Sambas.

"DPT terakhir saat Pemilu 2019 adalah 429.331, tapi sekarang Daftar Pemilih Sementara kita adalah 453.323. Inilah yang kita lakukan coklit," katanya.

Setelah data tersebut turun ke KPU Kabupaten Sambas, ungkap Sudarmi, dilakukan penyusunan data pemilih yang akan dilakukan coklit mulai 15 Juli sampai 13 Agustus 2020.

Sementara itu, Komisioner KPU Sambas, Rudiansyah mengatakan, coklit akan dilakukan oleh petugas yang sudah ditunjuk KPU.

"Coklit yang dilakukan oleh PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih), nantinya adalah untuk mencocokkan dokumen kependudukan yang dimiliki oleh pemilih," pungkasnya.

Ari Adrian, S.Kom
Monday, 06 July 2020

Alur Status Perekaman KTP-EL

Ada 6 fase yang dapat mengambarkan alur status perekaman KTP-el.

1. Fase Inisiasi

Data Penduduk yang telah memiliki NIK dan masuk usia Wajib KTP masih UNREGISTERED alias belum terdaftar dalam aplikasi ENROLLMENT KTP-el dengan kata lain NIK masih keadaan kosong dari data perekaman. NIK diambil dari data yang ada dalam database SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan).

2. Fase Perekaman

Setelah proses perekaman KTP-el berlangsung (tentu saja setelah Wajib KTP itu diambil foto, sidik jari, iris, dan berikut tanda tangannya), maka status data menjadi BIO_CAPTURED yang terjemahan sederhananya adalah data baru saja/telah diambil. Pada saat ini data seseorang belum terkirim ke Data Center Kemendagri. Setelahnya, status data berubah menjadi PROCESSING alias data terproses untuk dikirim ke Data Center.

3. Fase Pengiriman Data

Status SENT_FOR_ENROLLMENT (SFE) menjelaskan data perekaman dikirim dari server KTP-el di daerah ke Data Center Kemendagri (Pusat) menggunakan jalur private. Untuk status ini, tidak bisa ditentukan durasi waktunya berapa lama, bisa 1 hari, 3 hari, 20 hari, bahkan lebih, tergantung dari kondisi jaringan di Data Center.

Pada saat ini terjadi critical time atau waktu kritis I, dimana data seseorang sedang “masuk secara berdesakan” ke server Pusat.  Pada saat status SENT_FOR_ENROLLMENT ini, peran Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota hanya dapat memantau kapan data bisa masuk ke server Data Center.

Dari status SENT_FOR_ENROLLMENT akan berubah menjadi RECEIVED_AT_CENTRAL atau pengertiannya data diterima di Data Center.

4. Fase Pengecekan Data

Pada fase ini, data diterima di Data Center, terjadi waktu kritis II dengan beberapa status yang terjadi.

Yang pertama, yaitu ENROLL_FAILURE_AT_CENTRAL atau hasil verifikasi biometrik di pusat teridentifikasi tidak lengkap atau tidak terbaca.

Yang kedua, adalah SEARCH_FAILURE_AT_CENTRAL  atau Pencarian data gagal dilakukan oleh Data Center.

Yang ketiga adalah ENROLL_FAILURE_AT_REGIONAL yang artinya hasil verifikasi biometrik di kab./kota teridentifikasi tidak lengkap atau tidak “terbaca. Data tidak terkirim, karena kesalahan kode area perekaman di daerah.

PACKET_ENTRY artinya paket data dikirim ulang , setelah melakukan beberapa tahap di atas dan data tersebut tidak mengalami hambatan pada saat melakukan proses di atas maka status akan berubah menjadi SENT_FOR_DEDUP yang artinya data dikirim untuk melakukan penunggalan data dan berlanjut ke tahap selanjutnya.

Semua data yang disebutkan di atas adalah kondisi yang menjadi tanggung jawab Pusat.

5. Fase Penunggalan Data

Dalam fase penuggalan data, terdapat tiga status yang masih menjadi tanggung jawab pusat, yaitu adalah DUPLICATE_RECORD, ADJUDICATE RECORD, REQUEST_VALIDATION.  Ke-tiga status ini terjadi untuk memastikan ketunggalan data dan menimbulkan waktu kritis III.

DUPLICATE_RECORD (DR) terjemahan sederhananya adalah data ganda. Bahasa teknis yang digunakan untuk menjelaskan status DR ada 2 (dua) yaitu, One to One, dimana salah satu rekaman biometrik (sidik jari dan/atau iris) telah lulus verifikasi, namun  perekaman KTP-el dengan biometrik yang sama tetapi NIK-nya berbeda dan One to Many, hasil verifikasi beberapa biometrik teridentifikasi ganda dengan NIK yang berbeda-beda.

ADJUDICATE RECORD, yaitu kondisi hasil rekaman sidik jari yang terkirim ke pusat sedang diverifikasi, dan teridentifikasi ada kemiripan (antara sama atau berbeda).

REQUEST_VALIDATION, yaitu hasil verifikasi di pusat masih perlu divalidasi oleh Kab./Kota, antara lain karena data hasil perekaman teridentifikasi seperti Jenis kelamin laki-laki, tetapi pas foto perempuan; Komposisi NIK berjenis kelamin laki-laki, sementara data pada kolom berjenis kelamin perempuan.

Untuk menyelesaiakan ketiga status dalam fase Penunggalan Data ini, terdapat status REQUEST FOR DELETION, adalah status penghapusan data perekaman KTP-el yang bermasalah. Hal ini dilakukan oleh Disdukcapil Kabupaten/Kota dengan melakukan pengiriman data ke Pusat untuk dihapus. Pengajuan penghapusan tidak bisa dilakukan sembarang dikarenakan harus terlebih dahulu dianalisis mengapa data bisa mengalami masalah dan mempertimbangkan data pembandingnya. Penghapusan data diproses melalui aplikasi DELICA.

6. Fase Pencetakan

PRINT_READY_RECORD (PRR) atau data siap dicetak. Ketika data sudah dipastikan tunggal di Data Center, maka data tersebut dapat dicetak di daerah. Waktu yang dibutuhkan untuk mencetak data PRR relatif cepat.

Status lain yang berhubungan dengan Fase Pencetakan adalah:

SENT_FOR_CARD_PRINTING atau status data di kirim untuk dilakukan pencetakan KTP elektronik di daerah,

CARD_SHIPPED yaitu data sudah dikirim ke daerah,

CARD_PRINTED yaitu status data sudah dilakukan pencetakan KTP elektronik,

CARD_ISSUED atau KTP-el sudah dicetak dan sidik jari perekam sudah diaktivasi.

 

Demikian penjelasan terkait alur status perekaman KTP-el.

Ari Adrian, S.Kom
Wednesday, 01 April 2020

Sambas - Untuk diketahui bersama, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sambas salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengurangi interaksi/kerumunan masa, untuk itu Disdukcapil Kab. Sambas akan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan menggunakan fasilitas.

Kabid PIAK Muslim, ST menjelaskan "untuk pelayanan Kartu Keluarga, KTP Elektroinik, KIA dan Akta dapat mengirimkan foto berkas ke nomor yang telah disediakan". Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa untuk sementara waktu perekaman KTP Elektronik ditiadakan dan Kabid PIAK juga menjelaskan bahwa berkas yang masuk akan diverifikasi operator, jika lengkap maka pemohon akan menerima balasan berupa resi peneriman dan tanggal pengambilan berkas. Demikian juga kalau berkas dinyatakan tidak lengkap, operator masing-masing urusan akan menyampikan kekurangan berkas yang diperlukan dan diminta untuk dilengkapi. 

Nomor-nomor yang dicantumkan hanya melayani chat/kirim pesan. Diharapkan kepada masyarakat pemohon menggunakan fasilitas ini dengan sebaik mungkin dan berkas yang dikirim difoto dengan jelas untuk memudahkan verifikator dalam memverifikasi berkas.

 

 

Ari Adrian, S.Kom
Thursday, 05 March 2020

Pelayanan Jemput Bola di Kecamatan Teluk Keramat

Sambas - Ratusan warga mengikuti layanan kependudukan yang digelar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sambas di Kantor Camat Teluk Keramat. Tercatat sebanyak 300an warga hadir untuk mengurus dokumen kependudukan.

Kepala Seksi SIAK, Ari Adrian mengakui pihaknya menjelaskan bahwa kegiatan hari ini merupakan awal dari rangkaian kegiatan pelayanan keliling (mobile) di Kecamatan dan Desa, jadwal pelayanan keliling sudah di sampaikan ke Kantor Kecamatan dan diharapkan segera disampaikan ke Desa-desa. Lebih lanjut dijelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah supaya seluruh masyarakat dapat mengurus dokumen kependudukannya, melaporkan semua peristiwa kependudukannya baik lahir, perubahan status perkawinan, perubahan pendidikan dan pekerjaan serta melaporkan peristiwa kematian yang terjadi.

Diungkapkan oleh Ari Adrian, pada layanan ini ada total sebanyak 155 perekaman KTP eL dilakukan, 99 penerbitan KK, 21 penerbitan akta kelahiran dan 9 penerimaan berkas KIA. Sebagian dokumen yang diterima dan diproses pada saat kegiatan bisa ditunggu dan langsung jadi.

Untuk berikutnya diharapkan masyarakat memperhatikan jadwal yang telah diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Sambas dan diharapkan bisa mendatangi lokasi kegiatan sesuai Kecamatan masing-masing.

Foto Kegiatan :

 

Ari Adrian, S.Kom
Thursday, 28 May 2020

Pengumuman

Sambas - Bagi masyarakat yang masih memegang/menggunakan surat keterangan (Surket) pengganti KTP Elektronik diharapkan untuk segera menukar dengan KTP Elektronik yang telah tersedia di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Sambas dengan syarat mengirim foto Kartu Keluarga (KK) yang telah update dan Surket KTP Elektronik ke nomor WhatsApp 0821-5468-6551.

Ari Adrian, S.Kom
Monday, 09 March 2020

Pelayanan Jemput Bola Di Kecamatan Sejangkung

Diharapkan kepada masyarakat untuk memperhatikan jadwal pelayanan keliling yang telah diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Sambas dan diharapkan bisa mendatangi lokasi kegiatan sesuai Kecamatan masing-masing. 

Dokumentasi Kegiatan :

abz
Wednesday, 29 January 2020

Stok Blanko KTP eL di Dukcapil Sambas Sudah Tersedia

 

Sambas - 

Subcategories

banner ektp

Tentang Kami

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sambas merupakan unsur penunjang Pemerintah Daerah yang mempunyai tugas membantu Kepala Daerah untuk melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

  • Jl. Pembangunan No. xxx
  • Telp. 0562-391xxx
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Form Kontak

Statistik Pengunjung

We have 20 guests and no members online