Kumpulan Artikel

Ari Adrian, S.Kom
Tuesday, 08 October 2019

Pemohon KIA dan Akta Kelahiran Meningkat

Tingkat kesadaran warga Sambas untuk mengurus Kartu Identitas Anak (KIA) dan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) meningkat. Setidaknya itu terlihat dari animo pemohon KIA yang hampir setiap hari meningkat jumlahnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kab. Sambas, Muslim, ST, mengatakan peningkatan permohonan KIA dan akta kelahiran ini cukup signifikan. Untuk KIA perhari bisa ratusan, hari ini saja tanggal 7 Oktober 2019 berkas yang masuk sudah 200an bekas.

Lebih lanjut Kabid PIAK ini menuturkan saat ini Disdukcapil Sambas memberikan pelayanan dalam penerbitan dokumen adminduk tidak hanya di Kantor (reguler), namun juga dilakukan dengan jemput bola, yaitu pelayanan di Kantor Camat atau Kantor Desa. Pengurusan dokumen tersebut bisa dilakukan orang yang bersangkutan, orang tuanya sendiri maupun diwakilkan dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan.

Bagi masyarakat yang ingin mengurus KIA, cukup menyertakan foto copy akta kelahiran, foto copy KTP El orangtua, foto copy Kartu Keluarga serta pas photo ukuran 3x4. untuk anak dibawah lima tahun tidak perlu menyertakan foto, sedangkan untuk anak usia 5 - 17 tahun diwajibkan membawa pasfoto berwarna ukuran 3x4 sebanyak dua lembar.

Ari Adrian, S.Kom
Friday, 13 September 2019

Prioritaskan Blanko KTP-el Untuk Perekaman Baru

Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof. Zudan Arif Fakrulloh menyatakan blangko KTP Elektronik (KTP-el) hasil pengadaan tahun anggaran 2019 sudah terdistribusi sebanyak 16 juta keping. Dia mengakui, saat ini sejumlah Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota kekurangan blanko KTP-el, sehingga diperlukan langkah-langkah khusus.

Dalam surat edarannya kepada seluruh Kadis Dukcapil Kabupaten/ Kota No. 471.13/6153/Dukcapil, Prof. Zudan antara lain menyebutkan, pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) yang meliputi 23 jenis output dokumen agar tetap berjalan seperti biasa.

Selanjutnya, terkait ketersediaan blanko KTP-el yang sangat terbatas, dirinya mengimbau agar diprioritaskan untuk hal-hal mendesak dan perekaman baru.

"Pencetakan untuk pengganti KTP-el yang rusak, hilang, pergantian elemen data agar diterbitkan Surat Keterangan Pengganti Tanda Identitas (Suket) yang diatur dalam Pasal 59 ayat (2) huruf m dan putusan MK tanggal 26 Maret 2019," papar Zudan dalam surat edarannya.

Zudan juga mengarahkan agar Suket yang diterbitkan dimasing-masing Kabupaten/Kota dicatat dan didokumentasikan dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Ari Adrian, S.Kom
Thursday, 29 August 2019

PENGUMUMAN

 

 

Ari Adrian, S.Kom
Thursday, 22 August 2019

  • PERSYARATAN

    1. Keputusan / Penetapan dari Pejabat/instansi negara Asing mengenai perubahan status kewarganegaraan seseorang dari WNI menjadi WNA yang bersangkutan
    2. Kutipan Akta Kelahiran/AktaPerkawinan
    3. Surat Keterangan dari Kantor Perwakilan RI di negara yang bersangkutan
    4. Paspor RI dan paspor dari negara yang bersangkutan
    5. KTP lama (WNI) dan kartu identitas dari negara yang bersangkutan
    6. Kitas/Kitab dan KK (WNA)

  • SISTEM, MEKANISME DAN PROSEDUR

    1. Pemohon mengajukan permohonan Perubahan Status Kewarganegaraan kepada pemroses Dokumen Pencatatan Sipil
    2. Pemroses Dokumen Pencatatan Sipil menerima dan mengoreksi kelengkapan persyaratan. Jika tidak lengkap dikembalikan ke pemohon. Jika persyaratan lengkap pemroses dokumen meregistrasi berkas permohonan dan diteruskan kepada Administrator SIAK perubahan status kewarganegaraan
    3. Administrator siak perubahan status kewarganegaraan menginput data dan mencetak konsep catatan pinggir akta dan diteruskan kepada Kasi
    4. Kasi mengeroksi, memverifikasi, memberikan paraf konsep catatan pinggir akta. Jika data tidak sesuai dengan berkas dikembalikan kepada administrator siak adopsi dan jika sesuai dengan berkas diteruskan kepada kabid
    5. Kabid pencatatan sipil mengoreksi, memverifikasi, memberikan paraf konsep kutipan catatan pinggir akta. Jika data tidak sesuai dengan berkas dikembalikan kepada kasi dan jika sesuai dengan berkas diteruskan kepada sekretaris
    6. Sekretaris memberikan paraf konsep kutipan catatan pinggir akta dan diteruskan kepada administrator siak adopsi untuk di cetak catatan pinggir akta
    7. Administrator siak perubahan status kewarganegaraan mencetak catatan pinggir akta dan diteruskan kepada kepala dinas untuk ditandatangani
    8. Kepala dinas mengoreksi dan menandatangani catatan pinggir akta
    9. Pemroses kutipan akta kelahiran membubuhkan cap dinas,memilah berkas catatan pinggir akta, menyerahkan kepada pemohon dan pengarsipan
    10. Pemohon menerima catatan pinggir akta dengan menunjukkan bukti pengambilan

  • JANGKA WAKTU PELAYANAN

    5 (lima) hari kerja sejak permohonan dan persyaratan diterima dengan benar dan lengkap

  • PRODUK LAYANAN

    Catatan Pinggir Akta

Subcategories

banner ektp

Tentang Kami

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sambas merupakan unsur penunjang Pemerintah Daerah yang mempunyai tugas membantu Kepala Daerah untuk melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

  • Jl. Pembangunan No. xxx
  • Telp. 0562-391xxx
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Form Kontak

Statistik Pengunjung

We have 43 guests and no members online

1123862
Hari ini
Bulan ini
436
12190

ip address 3.94.202.6