banner2

PASCA LIBUR LEBARAN 2017, DISDUKCAPIL SAMBAS “LANGSUNG TANCAP GAS” DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Sambas – Senin, 3 Juli 2017 merupakan hari pertama masuk kerja seluruh PNS dan Karyawan Honorer di Indonesia, termasuk PNS dan Karyawan Honorer di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sambas.

Setelah mengikuti apel pagi di Halaman Kantor Bupati Sambas, dilanjutkan Halal Bihalal seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah ) yang ada dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sambas yang di pimpin langsung Bupati Sambas. Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1438 H, baik itu PNS dan Karyawan Honorer saling berjabat tangan dan maaf memaafkan.

Setelah rangkaian kegiatan apel pagi selesai, proses pelayanan kepada masyarakat sebagaimana biasa laksanakan. Walaupun hari pertama masuk kerja, PNS dan Karyawan Honorer di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sambas “Langsung Tancap Gas” dalam pelayanan administrasi Kependudukan kepada masyarakat yang membludak di Hari pertama pasca libur lebaran.

Bunyi panggilan antrian terus didengungkan menandakan proses antrian berkas pemohon dokumen kependudukan mulai berjalan. Petugas dengan sapa ramahnya dan tanpa kenal lelah bekerja dengan ikhlas demi tertibnya Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil masyarakat Kabupaten Sambas.

Membludaknya pemohon administrasi kependudukan terjadi pada proses perekaman dan pencetakan KTP Elektronik. Dikarenakan, hampir semua pemohon administrasi kependudukan untuk keperluan persyaratan pembuatan Paspor dan Kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Akibat membludaknya pemohon administrasi kependudukan, operator entri KTP Elektronik agak sedikit kewalahan dalam melayani pemohon. Namun, tidak mengurangi semangat kerja dan profesionalisme petugas dalam melayani pemohon dari berbagai Kecamatan yang ada di Kabupaten Sambas.

Sebenarnya permasalahan yang terjadi seperti saat ini diakibatkan oleh peralatan perekaman yang ada di kecamatan tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga masyarakat dari 19 Kecamatan berbondong-bondong datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sambas.

Hal ini seperti yang diutarakan oleh Kasi SIAK Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bapak Ari Adrian, S.Kom, "membludaknya permohonan warga terkait perekaman dan pencetakan KTP Elektronik yang pertama disebabkan karena stok blanko KTP Elektronik yang sempat kosong dari akhir tahun 2016 hingga awal 2017, yang kedua adalah kondisi perangkat KTP Elektronik yang ada di Kantor Kecamatan banyak yang mengalami masalah bahkan di beberapa Kecamatan ada yang sama sekali tidak berfungsi seperti server yang rusak, PC Client yang rusak hingga jaringan data yang tidak terkoneksi dengan baik".

Dalam kesempatan tersebut beliau mengharapkan ada perhatian khusus dari Pemerintah Pusat terkait ketersedian blanko dan peralatan KTP Elektronik yang ada di Kecamatan. Lebih lanjut Kasi SIAK ini menuturkan bahwa saat ini Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sambas telah melakukan perekaman terhadap wajib KTP sebesar 370.221 jiwa dari 441.347 jiwa wajib KTP. (Rays_Delphi)

banner ektp

Tentang Kami

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sambas merupakan unsur penunjang Pemerintah Daerah yang mempunyai tugas membantu Kepala Daerah untuk melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

  • Jl. Pembangunan No. xxx
  • Telp. 0562-391xxx
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Form Kontak

Statistik Pengunjung

We have 56 guests and no members online

848036
Hari ini
Bulan ini
565
10270

ip address 54.227.186.112