banner2

Grafik

 

Ada 22 (dua puluh dua) elemen data dalam Kartu Keluarga (KK), elemen data apa saja yang perlu/bisa dilakukan pemutakhiran/perubahan?

Dalam KK tercantum setidaknya 22 (dua puluh dua) elemen data. Elemen-elemen data tersebut terdiri dari data statis dan data dinamis. 22 (dua puluh dua) elemen data tersebut diantaranya nama, NIK, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, agama, pendidikan, jenis pekerjaan, status perkawinan, status hubungan dalam keluarga, kewarganegaraan, dokumen imigrasi (nomor passport dan nomor KITAS/KITAP), nama orang tua (ayah dan ibu), alamat RT/RW, desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan kode pos.

Data statis adalah data yang tidak bisa dirubah dan bersifat mengikat pada diri seseorang sejak pertama kali dilakukan perekaman data dan berlaku selamanya bahkan setelah meninggal dunia. Contoh data statis dalam elemen data kependudukan adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK), sidik jari dan iris mata. Dari ketiga elemen data tersebut, hanya NIK yang tercatut di dalam KK.

Sementara data dinamis adalah data yang bisa dilakukan perubahan/pemutakhiran berdasarkan kondisi ril seseorang, dibuktikan dengan dokumen pendukung atas perubahan elemen data tersebut. Contoh data dinamis dalam elemen data kependudukan adalah pendidikan, lampirkan dokumen pendukung untuk perubahan tersebut (misalnya Ijazah terakhir pendidikan yang ditamatkan).

Dari 22 elemen data tersebut ada beberapa elemen data yang sering dilakukan perubahan/pemutakhiran karena statusnya sangat dinamis sesuai dengan kondisi ril terbaru sesorang. Diantaranya adalah nama, biasanya ada penambahan gelar pendidikan formal, pendidikan terakhir yang ditamatkan, jenis pekerjaan, status perkawinan, status hubungan dalam keluarga (kepala keluarga, suami, istri, anak atau famili lain), alamat (RT/RW, desa, kecamatan, kabupaten, provinsi dan kode pos).

Jadi mulai sekarang perhatikan kembali KK yang dimiliki, cermati dan pastikan data yang tertera didalam KK atau dokumen kependudukan lainnya (misalnya KTP atau Akta) telah sesuai dengan kondisi ril saat ini. Jika belum sesuai, segera lakukan perubahan/pemutakhiran ke Dinas Dukcapil sesuai dengan domisili sekarang dengan membawa dokumen pendukung. (abz)

banner ektp

Tentang Kami

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sambas merupakan unsur penunjang Pemerintah Daerah yang mempunyai tugas membantu Kepala Daerah untuk melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

  • Jl. Pembangunan No. xxx
  • Telp. 0562-391xxx
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Form Kontak

Statistik Pengunjung

We have 27 guests and no members online

784742
Hari ini
Bulan ini
581
13312

ip address 54.225.59.14