Kumpulan Artikel

Ari Adrian, S.Kom
Tuesday, 20 August 2019

  • PERSYARATAN

    1. Surat keterangan lahir dari dokter/bidan/penolong kelahiran
    2. Fotocopy akta nikah / kutipan akta perkawinan
    3. Fotocopy kk dimana penduduk akan didaftarkan sebagai anggota keluarga
    4. KTP-el orang tua /wali/pelapor (diatas usia 17 tahun diwajibkan untuk melaporkan dirinya sendiri)

  • SISTEM, MEKANISME DAN PROSEDUR

    1. Rumah sakit, puskesmas, bidan praktek mengajukan permohonan kutipan akta kelahiran bagi bayi yang baru lahir di tempat persalinan dan dikirim via aplikasi TSDA
    2. Operator TSDA mendownload data dari Rumah sakit dan Puskesmas kemudian diteruskan kepada operator kependudukan
    3. Operator kependudukan menginput dan mencetak konsep kk dan diteruskan kepada kasi
    4. Kasi mengoreksi, memverifikasi, memberikan paraf konsep kk. Jika data tidak sesuai dengan berkas dikembalikan ke operator TSDA dan jika berkas lengkap diteruskan kepada Kabid Kependudukan
    5. Kabid Kependudukan mengoreksi, memverifikasi, memberikan paraf konsep kk. Jika data tidak sesuai dengan berkas yang diberikan maka dikembalikan kepada kasi dan jika benar diparaf dan diserahkan kepada operator TSDA
    6. Operator TSDA menerima berkas KK dan akta kelahiran kemudian menyerahkan berkas kepada operator Akta untuk diproses
    7. Operator Akta menginput dan mencetak konsep akta dan diteruskan kepada kasi
    8. Kasi mengoreksi, memverifikasi, memberikan paraf kutipan akta kelahiran. Jika data tidak sesuai dengan berkas dikembalikan kepada oprator TSDA dan jika berkas sudah sesuai diteruskan ke Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil
    9. Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil mengoreksi, memverifikasi, memberikan paraf kutipan,   berkas dikembalikan kepada kasi dan jika sesuai dengan berkas diteruskan kepada kepala dinas
    10. Kepala dinas mendatangani register, kutipan Kk dan akta kelahiran dan diteruskan kepada bidang pencatatan sipil
    11. Bidang Pencatatan Sipil memproses kutipan akta kelahiran dan kk membubuhkan cap dinas, memilah berkas register, kk dan kutipan akta kelahiran, menyerahkan kepada operator tsda untuk diserahkan kepada operator rumah sakit dan puskesmas
    12. Operator rumah sakit dan puskesmas menerima kutipan akta kelahiran dan KK untuk diserahkan kepada pemohon

  • JANGKA WAKTU PELAYANAN

    5 (lima) hari kerja sejak permohonan dan persyaratan diterima dengan benar dan lengkap

Ari Adrian, S.Kom
Tuesday, 20 August 2019

  • PERSYARATAN :

    1. Salinan penetapan pengadilan negeri yang sudah memperoleh kekuatan hukum tetap
    2. Kutipan akta kelahiran asli dan fotokopi
    3. Fotokopi KK
    4. Fotokopi KTP
    5. Mengisi formulir permohonan perubahan nama

  • SISTEM, MEKANISME DAN PROSEDUR :

    1. Pemohon mengajukan permohonan perubahan nama berdasarkan penetapan pengadilan kepada petugas loket akta
    2. Petugas loket menerima, mengecek kelengkapan berkas, mencatat dan membuatkan bukti pengambilan dan diserahkan kepada pemohon
    3. Berkas yang telah dicatat diserahkan kepada operator akta untuk dientri
    4. Staf pengadministrasian akta menerima berkas , memverifikasi, memberikan catatan di register sesuai keperluan pemohon dan diteruskan kepada kasi
    5. Kasi   mengoreksi, memverifikasi, memberikan paraf kutipan akta perubahan nama. Jika data tidak sesuai dengan berkas maka dikembalikan kepada pemohon dan jika sesuai dengan berkas diteruskan kepada kabid pelayanan pencatatan sipil
    6. Kabid Pelayanan pencatatan sipil mengoreksi, memverifikasi, memberikan paraf kutipan aktaperubahan nama. Jika data tidak sesuai dengan berkas maka dikembalikan kepada kasi dan jika sesuai dengan berkas diteruskan kepada kepala dinas
    7. Kepala Dinas mendatangani register dan kutipan akta perubahan nama dan diteruskan kepada Bidang Pelayanan pencatatan sipil untuk diproses
    8. Bidang pencatatan sipil membubuhkan cap dinas, memilah berkas register, kutipan akta perubahan nama dan menyerahkan kepada loket dan pengarsipan
    9. Pemohon menerima kutipan akta perubahan nama dengan menunjukkan bukti pengambilan

  • JANGKA WAKTU PELAYANAN :

    5 (lima) hari kerja sejak permohonan dan persyaratan diterima dengan benar dan lengkap

Ari Adrian, S.Kom
Tuesday, 20 August 2019

  • PERSYARATAN :

    1. Fotokopi kutipan akta
    2. Fotokopi paspor
    3. Fotokopi KK
    4. Fotokopi KTP
    5. Surat keterangan dari konsulat Jenderal RI
    6. Kutipan Akta Asli

  • SISTEM, MEKANISME DAN PROSEDUR :

    1. Pemohon mengajukan permohonan pelaporan peristiwa penting WNI dari luar negeri kepada petugas penerima
    2. Pemroses dokumen menerima, mengoreksi kelengkapan persyaratan. jika tidak lengkap dikembalikan ke pemohon, jika persyaratan lengkap petugas meregistrasi, mancatat dan membuat bukti pengambilan diteruskan kepada pranata komputer
    3. Administrator SIAK Pencatatan Sipil mengiput data dan mencetak konsep pelaporan peristiwa penting WNI dari luar negeri dan diteruskan kepada kasi
    4. Kasi mengoreksi, memverifikasi, memberikan paraf konsep akta ruusak, hilang, jika data tidak sesuai dengan berkas maka dikembalikan kepada administrator SIAK pencapil dan jika sesuai dengan berkas diteruskan kepada kabid
    5. Kabid pelayanan pencatatan sipil mengoreksi, memverifikasi, memberikan paraf konsep pelaporan peristiwa penting WNI dari luar negeri. Jika tidak sesuai dengan berkas dikembalikan kepada administrator SIAK pencapil dan jika sesuai dengan berkas diteruskan kepada kabid
    6. Kabid memberikan paraf konsep pelaporan peristiwa penting WNI dari luar negeri dan diteruskan kepada administrator SIAK pencapil untuk di cetak pelaporan peristiwa penting WNI dari luar negeri.
    7. Administrator SIAK pencapil mencetak pelaporan peristiwa penting WNI dari Luar Negeri dan diteruskan kepada kepala dinas untuk ditandatangani. Kepala dinas menandatangani pelaporan peristiwa penting WNI dari Luar negeri diteruskan kepada pemroses pelaporan peristiwa penting dari luar negeri.
    8. Pemroses dokumen membubuhkan cap dinas pada pelaporan peristiwa penting WNI dari luar negeri dan menyerahkan kepada pemohon.
    9. Pemohon menerima pelaporan peristiwa penting WNI dari luar negeri dengan menunjukkan bukti pengambilan

  • JANGKA WAKTU PELAYANAN :

    5 (lima) hari kerja sejak permohonan dan persyaratan diterima dengan benar dan lengkap.

Ari Adrian, S.Kom
Tuesday, 20 August 2019

  • PERSYARATAN :

    Akta Rusak:

    1. Melampirkan Kutipan Akta yang rusak
    2. Fotocopy kutipan akta Kelahiran (jika ada)
    3. Fotocopy KK dan KTP

    Akta Hilang:

    1. Melampirkan surat laporan kehilangan dari kepolisian (yang melapor yang kehilangan akta/ortu/wali)
    2. Fotocopy kutipan akta Kelahiran (jika ada)
    3. Fotocopy KK dan KTP

  • SISTEM, MEKANISME DAN PROSEDUR

    1. Permohon mengajukan permohonan kutipan akta yang rusak atau hilang ke petugas loket akta
    2. Petugas loket menerima, mengecek kelengkapan berkas, mencatat dan membuatkan bukti pengambilan dan diserahkan kepada pemohon
    3. Berkas yang telah dicatat diserahkan kepada operator akta untuk dientri
    4. Operator akta menginput data dan mencetak kutipan akta yang rusak atau hilang dan diteruskan kepada staf pengadministrasian
    5. Staf pengadministrasian akta menerima berkas yang rusak atau hilang, memverifikasi, memberikan catatan di register sesuai keperluan pemohon dan diteruskan kepada kasi
    6. Kasi  mengoreksi, memverifikasi, memberikan paraf kutipan akta yang rusak atau hilang. Jika data tidak sesuai dengan berkas maka dikembalikan kepada pemohon dan jika sesuai dengan berkas diteruskan kepada kabid pelayanan pencatatan sipil
    1. Kabid Pelayanan pencatatan sipil mengoreksi, memverifikasi, memberikan paraf kutipan akta yang rusak atau hilang. Jika data tidak sesuai dengan berkas maka dikembalikan kepada kasi dan jika sesuai dengan berkas diteruskan kepada kepala dinas
    2. Kepala Dinas mendatangani register dan kutipan akta dan diteruskan kepada Bidang Pelayanan pencatatan sipil untuk diprosesBidang pencatatan sipil membubuhkan cap dinas, memilah berkas register,kutipan akta  dan menyerahkan kepada loket dan pengarsipankutipan akta  dan menyerahkan kepada loket dan pengarsipan
    3. Pemohon menerima kutipan akta  dengan menunjukkan bukti pengambilan

  • JANGKA WAKTU PELAKSANAAN :

    5 (lima) hari kerja sejak permohonan dan persyaratan diterima dengan benar dan lengkap.

Subcategories

banner ektp

Tentang Kami

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sambas merupakan unsur penunjang Pemerintah Daerah yang mempunyai tugas membantu Kepala Daerah untuk melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

  • Jl. Pembangunan No. xxx
  • Telp. 0562-391xxx
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Form Kontak

Statistik Pengunjung

We have 41 guests and no members online

1103956
Hari ini
Bulan ini
517
16684

ip address 18.207.136.184