banner2

INFORMASI KEPENDUDUKAN

Layani Orang Sakit, DISDUKCAPIL Sambas Rekam KTP Elektronik Langsung Di Rumah

Sambas - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sambas gencar mengupayakan agar perekaman e-KTP bisa selesai 100 persen. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melaksanakan perekaman KTP elektronik dengan jemput bola ke seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Sambas, hal ini sudah dilakukan pada bulan November hingga awal Desember 2017 lalu. Selain itu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sambas juga melakukan perekaman data KTP Elektronik ke rumah-rumah misalnya perekaman kepada warga dalam kondisi sakit dan lansia yang kondisinya tidak bisa datang ke Kantor Camat maupun ke Dinas, hal tersebut disampaikan Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Drs. Was’adi, Jum’at (15/12) kemarin.

Baca selengkapnya...

 

Mendagri Tjahjo: Registrasi Ulang Untuk Menangkal Cyber Crime

Sedang ramai diperbincangkan kebijakkan tentang registrasi ulang Sim Card atau kartu seluler. Kebijakan ini sendiri sebenarnya bertujuan baik. Sebab selama ini, kerap kali cyber crime memanfaatkan kartu seluler. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, di Jakarta, Minggu (5/11/17). Menurut Tjahjo, mengenai detil tentang kebijakan pendaftaran ulang kartu seluler yang lebih tahu adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kementerian Dalam Negeri dalam posisi mendukung kebijakan tersebut. “Jadi sebaiknya tanya Kominfo. Kan kuncinya di NIK di Kementerian Dalam Negeri. Saya kira ini tujuannya baik kok untuk mendata,” 

Baca selengkapnya...

Kementerian Kominfo Wajibkan Registrasi Ulang Nomor Telepon Selular Sebelum 28 Februari 2018

Tanggal 31 Oktober 2017 merupakan penanda awal mulai berlakunya aturan soal registrasi kartu SIM prabayar tersebut. Kebijakannya ditetapkan melalui Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Nomor 14 Tahun 2017.
Bagi masyarakat yang baru membeli kartu SIM prabayar hari ini atau setelahnya, harus melakukan registrasi untuk keperluan validasi dengan mencantumkan NIK dan KK.

Baca selengkapnya...

 

Kendala dan Solusi Terkait Dalam Pendaftaran Seleksi CPNS Secara Online

Diberitahukan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sambas yang ikut mendaftar Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara online.
Jika menemui kendala-kendala sebagai berikut:
1. Penduduk telah memiliki Nomor Kartu Keluarga (KK) baru, namun masih mendaftar menggunakan Nomor KK lama;
2. Penduduk pindah datang tidak melapor dan tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku; dan
3. NIK tidak ditemukan, sedangkan yang bersangkutan telah memiliki KTP Elektronik.

Baca selengkapnya...

Data Agregat Kependudukan Kabupaten Sambas Semester I Tahun 2017

Sambas - Secara umum data dapat diartikan sebagai kumpulan informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan berupa angka, lambang atau sifat yang dapat memberikan gambaran tentang suatu keadaan atau persoalan. Data juga dapat didefinisikan sebagai sekumpulan informasi atau nilai yang diperoleh dari pengamatan (observasi) suatu objek. Oleh karena itu data yang baik adalah data yang bisa dipercaya kebenarannya (reliable), tepat waktu dan mencakup ruang lingkup yang luas atau bisa memberikan gambaran tentang suatu masalah secara menyeluruh  merupakan data relevan.

Baca selengkapnya...

 

Pasca Libur Lebaran 2017, Disdukcapil Kab. Sambas "Langsung Tancap Gas" Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan

Sambas – Hari Senin, 3 Juli 2017 merupakan hari pertama masuk kerja seluruh PNS dan Karyawan Honorer di Indonesia, termasuk PNS dan Karyawan Honorer di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sambas.

Setelah mengikuti apel pagi di Halaman Kantor Bupati Sambas, dilanjutkan Halal Bihalal seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah ) yang ada dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sambas yang di pimpin langsung Bupati Sambas. Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1438 H, baik itu PNS dan Karyawan Honorer saling berjabat tangan dan maaf memaafkan.

Baca Selengkapnya...

Prof. Zudan: Perekaman Data KTP-el Tembus 97,16 Persen

Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh, mengajak seluruh kepala Dinas Dukcapil provinsi dan kabupaten/kota untuk menuntaskan berbagai target tahun 2017. Dua di antara target tersebut adalah perekaman data KTP-el dan capaian Akta Kelahiran.

Terkait KTP-el, Prof. Zudan mengatakan, sampai akhir Maret 2017 perekaman data KTP-el sudah mencapai 97,16 persen. “KTP-el sekarang ini sudah 97,16 persen per akhir Maret 2017”, jelas Prof. Zudan saat menyampaikan arahan pada pembukaan Rakornas Dukcapil di Grand Sumber Ria Ballroom, Kota Gorontalo, baru-baru ini.Dengan begitu, tersisa 2,84 persen penduduk yang belum melakukan perekaman data dirinya.

Baca Selengkapnya...

Rumusan Rakornas Dukcapil Tahun 2017 di Gorontalo

Jakarta - Rakornas Dukcapil Tahun 2017 yang berlangsung di Provinsi Gorontalo di Grand Sumber Ria Ballroom pada tanggal 18 - 19 Mei 2017 menghasilkan rumusan Rakornas yang menjadi kesepakatan bersama untuk ditindaklanjuti.

Baca Selengkapnya...

Untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya dalam pembangunan secara lebih proporsional, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Kabupaten Sambas berdasarkan Perda Kabupaten Sambas Nomor 9 Tahun 2008 tanggal 7 Agustus 2008 tentang Pembentukan, Susunan  Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Sambas, disebutkan bahwa pada :

-Kedudukan, Tugas dan Fungsi (Pasal 37) :

(1)Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagaimana dimaksud Pasal 2 ayat (2) huruf C angka 7, dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

(2)Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas melaksanakan urusan di bidang kependudukan dan catatan sipil berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan.

-Pasal 38 :

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Pasal 37 ayat (2), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyelenggarakan fungsi :

a. Perumusan kebijakan teknis di bidang kependudukan dan catatan sipil;

b. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang kependudukan dan catatan sipil; 

c. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang kependudukan dan catatan sipil;

d. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 Berdasarkan Peraturan Bupati Sambas Nomor 42 Tahun 2008 tanggal 12 Desember 2008  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas melaksanakan urusan desentralisasi dan tugas pembantuan di bidang kependudukan dan catatan sipil sesuai lingkup tugasnya. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Pasal 2 Peraturan Bupati tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai fungsi :

1.Penyusunan program dan pengendalian dibidang kependudukan dan catatan sipil

2.Perumusan kebijakan teknis, di bidang kependudukan dan catatan sipil

3.Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang kependudukan dan catatan sipil

4.Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang kependudukan dan Pencatatan sipil

5.Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

banner ektp

Tentang Kami

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sambas merupakan unsur penunjang Pemerintah Daerah yang mempunyai tugas membantu Kepala Daerah untuk melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

  • Jl. Pembangunan No. xxx
  • Telp. 0562-391xxx
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Form Kontak

Statistik Pengunjung

We have 15 guests and no members online

619107
Hari ini
Bulan ini
187
10809

ip address 54.90.83.229